Destinasi Wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung

Wisata —Jumat, 12 Nov 2021 11:02
    Bagikan  
Destinasi Wisata Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Bandung
Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda Instagram | tahuradjuanda.official

DAGOPAKAR, DEPOSTBANDUNG- Taman Hutan Raya Ir. H. Djuanda (Tahura Djuanda) merupakan kawasan konservasi yang terpadu antara alam sekunder dengan hutan tanaman dengan jenis Pinus (Pinus merkusil) yang terletak di Sub-Daerah Aliran Sungai Cikapundung dan DAS Citarum yang membentang mulai dari Curug Dago, Dago Pakar sampai Curug Maribaya yang merupakan bagian dari kelompok hutan Gunung Pulosari.

Taman Hutan Raya Juanda bisa jadi salah satu tujuan wisata anda kalau berlibur ke Bandung, terutama kalau anda memang penyuka wisata alam si Bandung. Taman Hutan Raya Juanda dikenal juga dengan nama Tahura Juanda, atau cukup dengan singkatan THR Juanda.

THR Bandung bisa dikunjungi oleh wisatawan setiap hari mulai dari pukul 8 pagi sampai dengan 6 sore. Terdapat banyak objek wisata didalam kawasan hutan raya Juanda.

Jadi anda bisa berkunjung kesini dan sekaligus menikmati beberapa tempat wisata.

Sejarah

Hutan raya ini dinamai dengan nama salah satu pahlawan negara kita, Ir. H Djuanda. Lalu siapakah beliau ini? dan apa jasanya?

Ir. H Juanda merupakan Perdana Menteri terakhir era demokrasi parlementer di negara kita. Beliau berjasa besar dalam deklarasi Djuanda tanggal 13 Desember 1957. Isi dari deklarasi tersebut adalah pernyataan bahwa semua pulau dan laut nusantara adalah satu kesatuan yang tidak terpisahkan.

Lokasi Taman Hutan Raya Juanda

Lokasi/ alamat taman hutan raya juanda bandung berada di kampung pakar, desa ciburial, kecamatan cimenyan Bandung. Daerah ini berada di ketinggian 770 – 1330 dpl. Luas area taman ini sekitar 590 ha, dan membentang dari kawasan dago pakai sampai dengan Maribaya Lembang.

Karena luasnya inilah terdapat beberapa pintu gerbang masuk ke THR Juanda. Tapi, yang paling mudah di akses adalah gerbang dari dago pakar. Gerbang-gerbang utama menuju lokasi sudah gampang diakses dan cukup mulus.

Harga Tiket Masuk Taman Hutan Raya Juanda

Harga tiket masuk taman hutan raya juanda adalah Rp 11.000 untuk pengunjung domestik, dan Rp 76.000 untuk wisatawan luar.

Baca juga: Lembang Park and Zoo: Wisata Edukasi Keluarga yang Menyenangkan

Pesona Taman Hutan Raya Djuanda

Salah satu pesona dari objek wisata taman hutan raya adalah sebagai kawasan konservasi yang memiliki banyak jenis tanaman. Selain itu, tempat ini juga dianggap sebagai paru-paru pusat kota Bandung, hal ini dikarenakan ukuran lahan Taman Hutan Raya Djuanda sangat luas, ukurannya mencapai sekitar 590 hektar. Warga setempat sering memberikan julukan sebagai THR yang merupakan singkatan dari Taman Hutan Raya.

Tempat wisata keluarga di Bandung yang satu ini memiliki banyak pilihan spot menarik yang bisa kamu gunakan sebagai backgound foto bersama pasangan ataupun keluarga. Bahkan, beberapa pilihan itu juga dianggap sangat populer bagi pengunjung dan menjadi objek utama yang harus didatangi. Rekomendasi dari spot wisata di Taman Hutan Raya adalah sebagai berikut.

1. Goa Jepang

Salah satu spot yang cukup terkenal di bagian dalam dari Hutan Raya Djuanda ini adalah Goa Jepang. Goa Jepang merupakan hasil dari kerja keras rakyat Indonesia yang saat itu berada di bawah pemerintahan Jepang. Bahkan, pada saat itu pembuatan Goa Jepang juga termasuk dalam kegiatan kerja paksa atau romusha yang dilakukan oleh tentara Jepang.

2. Goa Belanda

Selanjutnya adalah Goa Belanda. Goa ini juga termasuk dari peninggalan pemerintahan Belanda yang juga dibangun oleh rakyat Indonesia secara paksa. Goa Belanda menjadi saksi bisu selama masa penjajahan. Namun, hal yang menarik adalah seluruh peninggalan dari pemerintahan Belanda di Goa ini masih terjaga dengan sangat baik. Bahkan, kamu juga bisa meilihat secara langsung seluruh fasilitas yang masih berfungsi cukup baik. Goa ini awalnya berfungsi sebagai gudang penyimpanan senjata bagi tentara Belanda.

3. Penangkaran Rusa

Hal menarik lainnya yang bisa anda nikmati adalah penangkaran rusa. Sebenarnya penangkaran rusa ini hampir mirip dengan yang ada di Ranca Upas Bandung. Namun, pengelola tempat wisata Taman Hutan Raya Djuanda memberikan kesempatan bagi para pengunjung untuk menikmati pemandangan rusa yang cukup banyak dari jarak dekat. Pengelola juga memberikan peringatan khusus untuk tidak memberikan makanan secara sembarangan kepada rusa, agar kesehatan dan habitat Rusa tetap terjaga. Salah satu jenis rusa yang bisa anda lihat secara langsung ditempat ini adalah Rusa Tutul.

4. Monumen dan Museum ir. H. Djuanda

Selain menawarkan pemandangan alam, para pengunjung juga bisa mendapatkan informasi penting tentang sejarah dari Ir. H. Djuanda. Kamu bisa menikmati wisata sejarah dengan masuk ke Monumen dan Museum yang ada di Taman Hutan Raya ini. Sebenarnya, museum ini memiliki konsep yang sama seperti Museum Geologi Bandung. Namun, kamu akan mendapatkan lebih rinci tentang sejarah yang berkaitan dengan ir. H. Djuanda. Museum itu memiliki ukuran sekitar 8×10 meter yang berisi seluruh peninggalan dari tokoh Djuanda.

5. Tebing Keraton Bandung

Rekomendasi lain dari spot yang ada di bagian dalam taman hutan rakyat ini adalah tebing keraton. Banyak pengunjung yang memang datang ke lokasi ini untuk menikmati suasana yang berbeda. Apalagi kamu bisa melihat secara langsung matahari terbit hingga terbenam dengan angle yang menarik. Pesona alam yang kamu lihat juga bisa dinikmati dari ketinggian yang cukup ideal. Jangan khawatir karena pengelola tempat wisata ini juga sudah menyediakan jalur setapak yang dilalui cukup mudah. Pada hari tertentu, tebing keraton Bandung cukup ramai sehingga kamu harus bergantian untuk mendaki.

Baca juga: The Great Asia Africa: Wisata Edukasi Keluarga Dengan Konsep Keliling Dunia

Kegiatan yang Bisa Dilakukan

Ada banyak pilihan kegiatan yang bisa dilakukan saat mengunjungi tempat ini. Masing-masing dari kegiatan ini juga cukup menyenangkan dilakukan bersama keluarga. Yakin deh, sepulangnya kamu dari Taman Hutan Raya Djuanda, kamu dan keluarga akan merasa terkesan.

1. Outbond

Bagi kamu yang senang dengan kegiatan outdoor bisa menikmati sarana outbond yang telah disediakan oleh pengelola. Lokasi dan lahan yang digunakan untuk outbond juga cukup luas dengan berbagai fasilitas yang memadai. Kegiatan ini juga memiliki guide yang akan membantu kamu.

2. Bermain Paintball

Kamu juga bisa bermain paintball yang ada di sekitar dari lokasi wisata. Perlengkapan untuk bermain paintball juga sudah disediakan oleh pengelola dengan tarif sewa yang cukup terjangkau untuk mahasiswa dan anak sekolah.

3. Fasilitas Bermain Khusus Anak-anak

Pengelola tempat ini juga menyediakan berbagai sarana dan fasilitas bermain khusus anak-anak. Ini akan memberikan kemudahan bagi para pengunjung yang datang bersama dengan keluarga. Tempat wisata anak di Bandung memang banyak, namun tidak ada salahnya kamu mencoba di Taman hutan raya.

4. Camping di Taman Hutan Raya Djuanda Bandung

Sama seperti tempat wisata alam Bandung lainnya, taman hutan raya juga menawarkan kegiatan camping dengan lokasi yang sangat strategis. Kamu juga bisa menyewa perlengkapan camping dengan mudah dengan harga terjangkau. -23

Baca juga: Rumah Guguk Bandung: Wisata Edukasi Keluarga, Surganya Pet Lovers

Editor: Reza
    Bagikan  

Berita Terkait