Resep Membuat Croffle

Kuliner —Selasa, 12 Oct 2021 15:05
    Bagikan  
Resep Membuat Croffle
croffle/pinterest

DEPOST BANDUNG

Salah satu cemilan kekinian yang viral kini tengah digemari masyarakat Indonesia yaitu Croffle. Croffle ini singkatan dari Croissant waffle yang dibuat dengan cara memasukan adonan croissant ke dalam cetakan waffle.
Croffle ini cemilan manis asal negri gingseng yang sudah populer di tahun 2020, Namun kini Croffle digemari masyarakat Indonesia setelah viral seorang penyanyi asal Korea Selatan bernama Kang Min-Kyung di dalam sebuah video nya menunjukan croffle sebagai cemilan favoritnya. Croffle ini mempunyai rasa yang manis,gurih,renyah dan lebih lezat nya bila menambahkan topping seperti Kayu manis, Selai Coklat, Ice Cream, Keju, Salted Caramel, Selai Kacang, Selai Starwberry, dan masi banyak lainnya untuk menambahkan varian yang menggoyang lidah anda, Cocok ditemani dengan secangkir kopi tentunya sudah banyak cafe maupun marketplace yang menyediakan Croffle di menu mereka.
Simak cara memuat croffel


Bahan:

  1. 200 gram tepung terigu
  2. 20 gram gula pasir
  3. 20 gram mentega beku
  4. 6 gram susu skim
  5. 4 gram ragi instan
  6. 2 butir telur ayam
  7. 100 gram air hangat
  8. sejumput garam

Baca juga: Resep Ayam Geprek Mozarella

Baca juga: Resep Susu Panggang atau Baked Milk


Cara Membuat Croffle:


  1. Tuang air hangat dan ragi ke dalam wadah, aduk sampai merata. Tutup wadah dan diamkan sebentar sampai raginya berbuih.
  2. Pada wadah berbeda, masukkan tepung terigu bersama gula pasir, susu skim, mentega, dan garam. Aduk semua bahan sampai tercampur merata. Masukkan sedikit telur ke dalam adonan ragi.
  3. Jika adonan ragi udah jadi, masukkan adonan tepung tadi ke dalamnya. Aduk dengan spatula kayu hingga tercampur merata dan padat.
  4. Setelah itu, tuang adonan adonan ke atas meja yang sudah dilapisi plastik. Uleni adonannya hingga kalis dan elastis. Kalau sudah, masukkan kembali ke dalam wadah, tutup dengan kain, diamkan selama 30 menit hingga mengembang.
  5. Sambil menunggu adonan, pipihkan mentega beku dengan rolling pin. Kalau sudah, masukkan ke dalam ziplock dan simpan di kulkas selama 15 menit.
  6. Keluarkan adonan roti dan pipihkan adonan, tapi jangan terlalu tipis. Letakkan potongan mentega di atasnya, lalu lipat adonan hingga tertutup rapat.
  7. Giling kembali adonan, agar menteganya gak mudah keluar saat dimasak. Lakukan sampai adonan dan mentega habis. Diamkan adonan di suhu ruangan selama 30 menit.
  8. Gulung adonan dari bagian bawah sampai ke atas sampai membentuk sebuah croissant.
  9. Diamkan sebentar lagi, lalu siapkan alat waffle di atas meja.
  10. Panaskan sebentar, olesi cetakan dengan sedikit mentega. Letakkan adonan pada cetakan waffle, tekan secukupnya, tanpa membuat bagian dalamnya keluar. Jika sudah kecokelatan, segera angkat. Sajikan croffle dengan sirup maple atau es krim.

Baca juga: Hotel Angker di Kota Malang

Baca juga: Resep Ayam Geprek Mozarella

Editor: Nely
    Bagikan  

Berita Terkait